Sunday, March 3, 2013

Suara Hawa - Solusi Musim Panas Wanita


Solusi Musim Panas Wanita


“Gak jadi ah!, panasnya nyengat banget ke kulit…!!”.

“Nanti aja, diluar masih panas, udah lemes duluan neh..!!”.

“Udah panas, banyak debu, mata jadi perih…!!”.      

             Rupanya musim panas sudah semakin mencapai puncaknya, sehingga sering kali sedikit menghambat aktivitas keseharian kita, untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut keluhan yang sering muncul pada musim ini, beserta solusinya, semoga bermanfaat.

KELUHAN DAN SOLUSI

1. Kulit kering dan terasa seakan terbakar?                      
·  Gunakan Sunblock 
                 Dermatologist menyarankan, bila Anda ingin meminimalisasikan resiko terkena kanker kulit, gunakan sunblock untuk menahan sengatan sinar UVA dan UVB sekaligus. Pemakaian sunblock tidak hanya dilakukan pada musim panas saja, namun  juga disarankan untuk memakainya sekalipun di musim dingin.                                                                                                                          
· Rajin memakai body lotion              
Tinggalkan kebiasaan lama  yang merugikan. Setiap hari kandungan air  pada kulit berkurang. Untuk membuat kulit terjaga kelembapan dan kesegarannya, gunakan bodylotion dengan kandungan bahan yang mampu meningkatkan kadar air di dalam sel kulit atau disebut humectant, seperti; gliserin, urea, asam hyaluronat, ceramide, kolagen, protein, asam asmino, kolestrol, glukosa dan glikogen. Pastikan body lotion pilihan Anda juga mengandung unsur  antioksidan.    
· Tidak mengonsumsi rokok                               
Rokok membuat kulit  kekurangan oksigen sehingga kulit terlihat kusam dan lelah. Terus menerus menghisap rokok, selain memicu timbulnya garis kerut di sekitar mulut, juga mengurangi kolagen yang berfungsi melembapkan kulit sebelum waktunya.

2. Stamina tubuh menurun, bibir pecah-pecah dan cepat lelah:  
· Perbanyak konsumsi buah-buahan                                           
Buah-buahan selain mengandung serat, juga kaya akan vitamin C. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan memakan buah yang mengandung vitamin C, misalnya : apel, jeruk, anggur, dll.                                           
· Cukupkan waktu istirahat                              
Karena mampu mengembalikan stamina kita yang terkuras selama sehari, tidur 6 jam    sehari akan menjaga system metabolism tubuh kita berjalan tanpa ganguan, matikan lampu kamar agar ketika tidur kerja hormone dalam tubuh dapat optimal.
· Sempatkan untuk berolahraga                                     
Usahakan berolahraga secara rutin minimal 3 kali semunggu selama 30 menit. Pilih olahraga tang bersifat aerobic seperti jogging, senam, treadmill, bersepeda, atau sekedar berjalan kaki.     
· Kurangi minum minuman dingin
Perbanyak minum air putih (suhu normal) minimal 8 gelas sehari. Disebabkan inuman dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh kita saat itu juga.

3. Mata perih dan gatal
Di musim panas, disarankan pemakaian kacamata, karena sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata, Kacamata yang baik dapat mencegah hal ini. Ketika membeli kacamata, pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV. Jika ingin menyentuh daerah sekitar mata, dianjurkan untuk membersihkan atau mencuci tangan terlebih dahulu, kemudian memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamjn A.



 


0 comments:

Post a Comment